TULISAN PEREKONOMIAN INDONESIA

NAMA : POPPY DESNIA

NPM   : 28212080

KELAS : 1EB18

 

BURGER BUTO SI MURAH NAN MENGENYANGKAN

 

        I.            PENDAHULUAN

Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia membuat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran. Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh putus asa ataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri  dengan berwirausaha.

Salah satunya dengan membuka tempat makan yang nyaman untuk kumpul bareng teman, keluarga ataupun dengan kerabat lainnya. Usaha yang berawal dari kecintaan pemiliknya terhadap makanan cepat saji yaitu burger. Kemudian sang pemilik berinisiatif untuk membuka kedai burger yang berbeda dengan kedai-kedai burger lainnya. Menurut pandangan saya usaha ini akan mencapai kesuksesan dan maju. Karena semua orang butuh makanan untuk bertahan hidup. Tapi bukan itu saja, masyarakat juga ingin mencicipi makanan yang tidak biasa seperti dari bentuk fisik, harga dan rasa.

     II.            ISI

Burger jumbo ukuran kepala orang yang dikenal dengan nama Burger Buto Ijo di kedai yang terletak di pojokan jalan ini sengaja diberi nama Kedai 27 karena lokasi kedainya bernomor rumah 27 di  Jalan Sarangan, Malang. Kedai 27 telah beroperasi di Malang selama sembilan tahun tetapi menu burger buto ijo ukuran jumbo baru terinovasi empat tahun terakhir.

 

Image

 

Melihat bentuknya seperti ukuran loyang kue cake pandan wangi diameter sekitar 30 centimeter. Karena namanya Burger Buto Ijo, maka bahan roti dalamnya juga berwarna hijau disesuaikan dengan nama burgernya. Di bagian tengah roti berbentuk lobang seperti kue cake disesuaikan dengan cetakan rotinya. Isi lapisan dalamnya sama dengan burger kebanyakan yaitu berisi daun selada, tomat, timun, mayoinase, dan nugget.

Ukurannya cukup untuk dimakan  empat atau lima orang, dan pemesan yang makan di kedai tersebut otomatis disediakan piring kecil dan garpu untuk empat orang. Harga tidak mahal cukup Rp 27.500 bisa dimakan empat orang sehingga jatuhnya harga per orang hanya sekitar Rp 7.000. Ditambah telur harga burger buto ijo menjadi Rp 35.000. Jika kamu menghabiskan burger buto ijo sendirian, kamu tidak perlu membayarnya. 

Image

 

Jenis burger yang dijual  ukuran  lainnya adalah burger long bentuknya lebar dan panjang harga Rp 11.500; burger keceng ukuran rotinya kecil panjang kayak ular harga Rp 11.500; dan burger buto ukuran bundar sedang sebesar piring kecil harga Rp 10.000.Image

 

Semua jenis burger isinya sama jenisnya hanya burger keceng isinya daging cincang karena terlalu besar kalau diisi lapisan daging burger yang berbentuk bulat dan harganya hanya Rp. 13.000,- . Semua roti diproduksi sendiri karena ukuran rotinya spesial tidak memungkinkan diproduksi pabrik roti lain.

Image

 

Menu lain di kedai ini  ada bermacam-macam nasi bakar dengan lauk unik seperti kikil sapi seharga Rp 10.000, ceker ayam hanya Rp 6.000, dan nasi bakar tempe tahu penyet hanya Rp 5.000 sangat cocok buat kantong mahasiwa di kota pelajar ini. Jam operasional buka kedainya mulai pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB. 

Image

 

Kebanyakan pengunjungnya anak muda yang suka nongkrong. Banyak remaja yang sengaja merayakan ulang tahun di tempat ini. Kapasitas kursi sekitar  80 orang selalu penuh. Kursi kayu dan meja persegi disusun berdempetan sehingga terlihat suasana ruangan sesak kalau ramai pengunjung.

 

       III.            PENUTUP

Usaha kedai makanan dengan inovasi-inovasi yang baru yang berbeda dengan kedai makanan lainnya akan membuat pelanggan dan para pecinta kuliner banyak berkunjung. Dengan harga terjangkau yang pas di kantong pelajar dan mahasiswa, rasanya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, mengenyangkan dengan porsi jumbo yang berbeda dengan kedai burger lainnya, tempatnya yang nyaman dan cozy untuk ngobrol bareng teman dan keluarga.

 

     IV.            DAFTAR PUSTAKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s